Rabu, 26 April 2017

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Roti

Roti, ya materi kita kali ini juga masih seputar roti,Bagi anda para penggermar roti, pernahkah dibenak anda terlintas suatu pemikiran sebenarnya roti yang kita makan itu bermanfaat bagi tubuh ataukah malah membuat tubuh kita semakin tidak sehat dan aman. Bicara tentang manfaat roti atau kerugian roti, tentulah roti memiliki kedua hal tersebut, lalu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan roti?? Nah sekarang kita akan membahas yang pertama dulu, manfaat roti bagi manusia adalah dari segi nilai segi jika dibandingkan dengan 100 gran mie basah dan nasi putih maka maka pada 100 gram roti memberikan energi, barbohidrat, protein, kalsium, fospor dan zat besi yang kandungannya lebih banyak. Selain itu,  penyajian roti ini lebih praktis karena kita tinggal membeli pada penjual terdekat dan bisa langsung disajikan dengan segelas susu dan telur dadar.


Jika dikaitkan dengan kelompok bakery , roti merupakan produk yang paling pertama dikenal dan paling populer hingga saat ini. Komposisi roti umumnya terdiri dari: 57% tepung terigu; 36% air; 1,6% gula; 1,6% shortening (mentega atau margarin); 1% tepung susu; 1% garam dapur; 0,8% ragi roti (yeast); 0,8% malt dan 0,2% garam mineral. Gula, walaupun dalam jumlah sedikit perlu ditambahkan ke dalam adonan roti. Hal ini karena gula berperan sebagai bagi pertumbuhan ragi roti (Saccharomyces cereviseae) untuk dapat menghasilkan gas karbondioksida (CO 2) dalam jumlah yang cukup untuk mengembangkan adonan secara optimal


Kemudian jika bicara yang kedua yaitu tentang kerugian roti, apa yang akan terjadi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi roti tanpa memperhatikan ukuran yang sesuian tentulah kemudaratan yang akan didapat oleh tubuh kita yaitu  dengan makan terlalu banyak roti tidak baik karena mengandung 2 macam zat yang ber bahaya: Calcium Propianate & Potassium Bromate yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, makan bagi yang suka mengkonsumsi roti sebaiknya jangan berlebih- lebihan, karena hal yang berlebih-lebihan itu tak akan menghasilkan manfaat yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar